Puasa Dalam Islam


Puasa Dalam Islam
           Islam datang tidak langsung mewajibkan umatnya unutk berpuasa. ibadah ini diwajibkan pada tahun kedua hijriah. kata puasa disebut al-qur'an sebanyak delapan kali,adapun maknanya "menahan" dan "berhenti  atau bisa juga diartikan menghindari atau meninggalkan sesuatu, orang yang diam membisu juga dikatakan puasa karena mencegah diri unutk berbicara sedangkan menurut Abu Ubaidillah " semua yang tidak makan, minum,berbicara atau melakukan perjalanan berarti dia berpuasa.
          Dalam lisan arab kata puasa bisa diartikan sedang-sedang dan tengah-tengah, seperti kalimat hari ini benar-benar puasa yaitu ketika ia berada ditengah-tengah hari (siang). Matahari berpuasa artinya ia tepat berada ditenga hari. kata puasa juga digunakan untuk ketenangan angin sedangkan dalam surat maryam ayat 26 artinya membisu, tidak berbicara.
          Dalam mu'jam al-wasyith kata puasa diartika sebagai mencegah diri untuk tidak berbuat atau berkata sesuatu,sedangkan kata shauma, shiyaman artinya menahan.
         Kemudian kata puasa dalam islam dibatasi oleh definisi syari'at yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan, baik berupa makan, minum, bersenggama mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari

0 Comments: