Sambut Ramadlan

Sambut Ramadlan 
      Sebagai umat islam tentunya kita sangat senang sengan datangnya bulan suci Ramadlan. Bulan penuh berkah dan kemilau cahaya, bulan yang didalamnya terdapat lailatul qadar(malam seribu malam),turunnya Al-qur'an(nuzululqur'an dan bulan pembakaran dosa umat manusia.
        Selain keutamaan-keutamaan diatas,didalam ramadlan juga terdapat amalan yang mulia yaitu puasa.ajaran islam, baik lewat al-Qur'an ataupun hadits sangat banyak yang membahas tentang keutamaan puasa dan orang yang mengerjakannya. hadits yang menerangkan tentang puasa diantaranya yaitu hanya orang yang berpuasa yang dapat masuk pintu surga Royyan, puasa kelak akan memberi Syafa'at. bau mulut orang puasa lebih wangi dari pada minyak misik atau dan masih banyak lagi.
Dasar-dasar Puasa
          banyak literatur islam yang membahas tentang puasa diantaranya :
    Surat al-baqoroh ayat 183-185
    Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa yaitu dalam beberapa hari tertentu ......al ayat.

    Shohih Bukhori  Dalam hadits riwayat Ubaidilah binAbu Thalhah ra. : ada seseorang laki-laki yang bertanya kepada nabi, " Wahai Rasulullah, beritahukan kepada saya mengenai puasa yang diwajibkan Allah SWT kepada saya? " beliau menjawab " Puasa Ramadlan " laki-laki itu bertanya kepada lagi " apakah puasa lain yang diwajibkan atas saya?" nabi menjawab, " tidak kecuali jika puasa sunnah "
               Maka dari itu mari kita laksanakan kewajiban kita ini dengan rasa senang dan mengharap ridlo dari Allah semoga apa yang telah kita lakukan bisa menjadi lebih bermanfaat dan semoga menjadi latihan kita untuk menempuh bulan-bulan berikutnya agar jadi baik-baik dan lebih baik,.
      Semoga bermanfaat Amieeeeen .......

      0 Comments: